Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instal Ulang Windows 10


Ada beberapa  pilihan saat ingin menginstal  Windows 10 di Komputer atau Laptop. 

Jika komputer atau laptop Anda tidak memiliki drive CD atau DVD , Anda dapat melakukan penginstalan Windows menggunakan Flashdisk dengan software tambahan yaitu USB Bootable.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu USB Bootable dan cara membuatnya untuk menginstal Windows 10. Jika Anda sudah menyiapkan Flashdisk berisi Windows langsung saja kita ke tutorialnya.

Tahap pertama Anda harus mengubah urutan Boot pada Komputer atau Laptop Anda.

Caranya cukup mudah, Pertama Anda colokan Flashdisk ke port usb di komputer lalu Anda hanya perlu masuk ke menu BIOS pada komputer Anda. Tekan tombol Delete pada keyboard secara cepat dan terus-menerus. Ini harus dilakukan ketika komputer dalam keadaan sedang menyala pertama kali.

Setelah masuk menu BIOS, cari tab Boot pada menu dan ubah booting pertama dari Flashdisk atau CD/DVD, sesuai preferensi Anda.

Jika menggunakan installer CD atau DVD, masukkan DVD tersebut pada drive-optic.

Sebelum itu, pastikan settingan boot sudah benar lalu simpan setting dengan menekan tombol F10 pada keyboard lalu Enter  komputer Anda Restart. Setelah itu, akan muncul halaman proses instalasi.

  1. Berikut Tampilan awal menu Instalasi dan biarkan settingan default lalu klik Next.

2. Selanjutnyan klik Instal Now.


3. Untuk menginstal Windows, Anda memerlukan partisi pada hard drive Anda untuk menyimpan file sistem.
    • Catatan: Jika Anda belum mencadangkan hard drive Anda, Silakan mencadangkan semuanya terlebih dahulu dan mulai lagi dari tahapan awal. Setelah Anda menghapus partisi, Anda tidak akan dapat memulihkan data yang tersimpan di drive ini.
      Anda dapat menggunakan salah satu partisi yang ada di hard drive Anda dengan memformatnya atau Anda dapat menghapus yang ada dan membuat partisi yang baru.
    • Untuk menggunakan salah satu partisi yang ada, klik partisi yang akan di Instal Windows dan klik Format .
  • Untuk menghapus partisi yang ada, pilih masing-masing dan klik Hapus , lalu OK 

4. Jika Anda telah menghapus semua partisi yang ada, Anda harus membuat partisi baru. Jika Anda hanya memformat partisi yang ada, lanjutkan ke tahap ke 5 Untuk membuat partisi baru:
      • Klik opsi Drive (lanjutan) 
  • Sekarang klik New dan pilih ukuran untuk partisi baru Anda, lalu klik Next .
  • Windows sekarang akan membuat partisi baru untuk menyimpan file sistem Klik OK untuk melanjutkan.

  • Ulangi proses di langkah ke 4 jika Anda ingin membuat partisi lebih banyak.
  
5.  Sekarang pilih partisi tempat Anda ingin menginstal Windows 10 dan klik Next. Proses Instalasi akan berjalan seperti gambar dibawah ini.


6. Tunggu proses instalasi berjalan hingga semua selesai 100%. Setelah semua proses selesai komputer akan restart dan Lepaskan CD  atau Flashdisk USB Bootobale Windows 10. agar tidak kembali ke menu Instalasi. 


7. Instalasi selesai.

Post a Comment for "Cara Instal Ulang Windows 10 "