Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pitch Promosi Diri untuk Melamar Pekerjaan di Jobstreet

Melanjutkan artikel saya sebelumnya tentang Cara Melamar Pekerjaan di Jobstreet. Kali ini saya akan membagikan contoh Pitch yang dapat digunakan untuk keperluan melamar kerja di situs tersebut.

Banyak dikalangan pencari kerja mencari informasi lowongan pekerjaan terbaru di situs Jobstreet. Jika kamu akan mengajukan lamaran pekerjaan melalui situs tersebut kamu akan dihadapkan untuk menuliskan Pitch atau Promosi Singkat untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

 
    Situs Jobstreet sendiri tidak mewajibkan untuk menuliskan Promosi Singkat, Dari banyaknya lamaran yang masuk hanya 10% yang menuliskan 300 karakter untuk Mempromosikan dirinya, Dari 10% tersebut hanya 2% yang menuliskan Pitch dengan benar dan menarik. Yang lebih penting bila kamu menuliskannya, Pitch tersebut akan di highlight dalam kotak biru dalam Aplikasi Jobstreet perekrut.

    Dalam penulisan Pitch itu cukup mudah loh!, Kita hanya perlu memahami isi dari lowongan pekerjaan tersebut, kriteria karyawan seperti apa yang dibutuhkan oleh perekrut. Dalam setiap lowongan pekerjaan pasti HRD menuliskan persyaratan-persyaratan yang penting dan wajib dipenuhi oleh pelamar, Jika kamu termasuk dalam kriteria tersebut, silakan jelaskan secara singkat dan ringkas melalui kolom Pitch yang disediakan sebelum kamu melakukan pengiriman aplikasi lamaran.

Promosi singkat adalah salah satu hal yang terpenting dalam mengirimkan lamaran pekerjaan. Promosi singkat yang ditulis akan menjadi kesan pertama HRD terhadap kamu. Oleh karena itu, Kita perlu tahu nih, bagaimana cara membuat promosi singkat yang benar dan efektif agar HRD tertarik dan yakin dengan aplikasi lamaran kamu.
 
  •  Menuliskan dengan Bahasa Indonesia yang sesuai eyd

Tulis Promosi Diri kamu dengan penggunaan tanda baca dan huruf kapital yang benar, serta susunan kalimat yang tepart akan mencerminkan karakter dan tingkat ketelitian kamu. Menjadi poin tambahan jika kamu dapat menuliskannya dengan Bahasa Inggris dan tentunya dengan grammar yang benar. 
 
  •   Hindari penulisan hal yang generik

Hindari kalimat penutup dalam promosi, seperti “Besar harapan saya dapat diterima di Perusahaan Bapak/Ibu”, atau “Saya pribadi yang jujur dan pekerja keras yang akan memaksimalkan potensi saya untuk kemajuan perusahaan.” hindari penulisan kalimat-kalimat seperti itu.


Jika kamu masih bingung dalam penulisannya, Berikut saya berikan beberapa contohnya :

Pekerjaan yang dilamar sebagai Engineer BTS
 
"Teknik Informatika S1 Universitas Sriwijaya, 4 tahun sebagai Engineer di PT Telkomsel Indonesia, Melakukan Commisioning dan Maintenance pada Perangkat BTS Nokia berbasis SRAN 4G".

Pekerjaan yang dilamar sebagai Teknik Sipil
 
"Teknik Sipil Gajah Mada 2016, 5 Tahun sebagai Engineer Sipil di PT Waskita dapat merencanakan, mendesain dan mengawasi konstruksi dan pemeliharaan struktur bangunan dan fasilitas, seperti jalan, jalur kereta api, bandara, jembatan, pelabuhan, bendungan, proyek irigasi, pembangkit listrik, dan sistem pembuangan air kotor".

Mungkin itu saja tips dan contoh dari penulisan Pitch pada situs Jobstreet yang dapat kamu sesuaikan dengan keahlian dan Posisi yang akan kamu lamar.

Semoga membantu.

2 comments for "Contoh Pitch Promosi Diri untuk Melamar Pekerjaan di Jobstreet"