Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Ampuh Mengerjakan Soal Psikotes


Psikotes adalah test psikologi seseorang dimana dari hasil test itu dapat mengetahui sifat asli yang ada pada diri seseorang tersebut. Dalam melamar pekerjaan pasti akan melewati tahap seleksi ini, sehingga seseorang akan dinilai cocok atau tidaknya dengan pekerjaan yang dilamar.

Masih banyak diantaranya pelamar yang masih kebingungan dalam menjawab soal psikotes, karena banyaknya tipe dari soal-soal yang diberikan, pada artikel ini saya akan memberikan tips dan trik ampuh mengerjakan tipe soal-soal yang biasanya diberikan pada saat mengikuti test Psikotes.

1. Tes Logika Aritmatika
Tes ini terdiri atas deretan angka yang diukur ialah kemampuan analisa anda dalam memahami pola dan kecenderungan tertentu untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut.  berikut tips untuk mengerjakannya :
1.  Jangan fokus pada 1-4 angka terdepan dalam deret namun ada saatnya anda melihat deret secara     keseluruhan karena pola bisa berubah posisi dan urut.
2.  Jangan fokus pada satu soal yang sulit anda pecahkan, lompati ke soal yang termudah dahulu.

2. Test Logika Penalaran
Tes ini memiliki beberapa deret gambar baik 2 ataupun 3 dimensi. Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemanpuan anda dalam memahami pola dan kecenderungan tertentu "dalam wujud gambar" dan selanjutnya melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut.  Berkonsetrasilah dalam mengerjakan, fokus pada setiap titik sudut dan warna pada objek.



3. Analog Verbal Tes
Tes ini biasanya terdiri atas 20 hingga 40 soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata. Yang diukur dalam tes ini ialah kemampuan logika cara berpikir anda  terhadap situasi dan kondisi tertentu, untuk melihat sejauh mana anda memahami sebab-akibat suatu permasalahan yang sedang dihadapi.


4 . Pauli Test
Tes ini terdiri dari gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur (atas ke bawah) dalam bentuk lajur-lajur. Anda nantinya akan diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu. Yang diukur dalam tes ini adalah Sikap terhadap tekanan, Konsistensi dan kemampuan dalam penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu persoalan.


5. Wartegg Test
Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan  tertentu seperti garis kurva, titik, 3 garis sejajar, kotak, 2 garis saling memotong, 2 garis terpisah, 7 buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda akan diminta untuk menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah dibuat, lalu menuliskan nomor gambar yang mana paling Anda sukai dan tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. Yang diukur dalam tes ini ialah Imajinasi, emosi, intelektual dan aktifitas subjek.

6. Draw A Man Test (DAM)
Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar seseorang yang sedang melakukan aktifitas, untuk kemudian anda deskripsikan Nama, Jenis kelamin, Usia dan Aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui kestabilan, tanggung jawab, kepercayaan diri dan ketahanan kerja. berikut tipsnya :

1. Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, termasuk detail muka seperti mata, alis, telinga, hidung dan mulut.
2. Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya sedang bekerja di depan komputer dan sebagainya.

7. Menggambar Pohon

Tes ini adalah tugas untuk anda menggambar pohon dengan kriteria : berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan anda untuk menggambar pohon jenis pisang, bambu, semak-semak ataupun jenis tanaman monocotyl lainnya. Tipsnya :

1. Pada setiap psikotest menggambar pohon penulis selalu menggambar pohon Mangga/Nangka. Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl / berkambium.
2. Walaupun jika anda tidak begitu baik dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detail dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti bentuk daun, kerapatan dari daun, buah, tangkai, akar bahkan alur pohon.
3. Untuk hasil yang lebih maksimal, Cari dan photolah pohon tersebut, pelajari karakter jenis dari pohonnya, kemudian latihlah kemampuan menggambar anda dengan mengacu pada foto tersebut.



9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Tes ini terdiri atas pilihan jawaban yang paling mencerminkan diri anda. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui pribadi seseorang, motivasi dan kebutuhan. Kelemahan dan kekurangan anda dapat terlihat disini.

1. Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan itu akan mengulang ke soal pada nomor-nomor berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sama, hal ini akan merugikan anda sendiri. Kejujuran anda terliohat dari hal tersebut.
2. Secara keseluruhan, tes EPPS ini memang sedikit sulit untuk diakali, namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang bisa anda sesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang anda sedang lamar. Misalnya ketika anda melamar menjadi pegawai Bank, pilihlah jawaban-jawaban yang mencerminkan kejujuran, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam kelompok.
3. Karena sulitnya proses adjusment pada tes ini, jalan paling praktis yang dapat ditempuh adalah memperbaiki diri anda dalam segala hal, setup diri anda untuk menjadi seorang profesional dalam setiap tingkah laku keseharian anda seperti: jujur, bertanggung jawab dan disiplin. Karena cerminan pola pikir dan tingkah laku positif diri anda, akan tertuang tanpa anda sadari dalam hasil tes.
Contoh pilihan soalnya:

A. Saya suka memuji orang yang saya menurut saya pintar
B. Saya sangat suka atasan saya.

A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya menangi dibandingkan orang lain
B. Saya suka bertanggung jawab atas kewajibanku

10. Learning By Doing
Pengalaman memang guru yang paling baik. semakin sering anda mengikuti Psikotes anda akan semakin terbiasa mengerjakan bermacam-macam soal tersebut. Terus belajar dan evaluasi diri.

Terima kasih

Post a Comment for "Tips Ampuh Mengerjakan Soal Psikotes"