Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melamar Pekerjaan di Jobstreet

Saat ini banyak Perusahaan nasional baikpun swasta yang membuka lowongan pekerjaanya secara online, seperti melalui Official website atau hanya mengirimkan lewat email ataupun melalui web penyedia informasi lowongan kerja di internet seperti Jobstreet
  

Situs ini dibuat secara khusus untuk menampung segala bentuk informasi terkait lowongan pekerjaan di Indonesia dan Dunia. Situs ini menyediakan informasi lowongan pekerjaan di segala jenis latar belakang pendidikan, sehingga sangat membantu setiap lulusan baru yang berasal dari berbagai bidang ilmu dalam menemukan pekerjaannya.

Setiap hari selalu update informasi lowongan kerja baru yang datang dari berbagai macam perusahaan dan kota di Indonesia, yang memang sudah bekerjasama dengan situs ini. Jadi bagaimana caranya agar anda mendapatkan informasi tentang adanya lowongan pekerjaan di situs Jobstreet? dan bagaimana caranya anda melamar pekerjaan disana. Ok disini saya akan memberikan tutorial Cara Melamar Pekerjaan di Jobstreet mulai dari pendaftaran akun hingga mengirimkan lamaran ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan

Langsung saja kita mulai tahapan pertama :

1.  Langkah pertama silakan Anda membuka link website Jobstreet.co.id dan pilih Mendaftar sebagai member baru menggunakan email atau akun facebook.
2.  Setelah itu, akan muncul formulir registrasi berisi data-data pribadi Anda, Apabila berhasil, di langkah selanjutnya akan muncul tampilan lengkapi profil Anda dan dapatkan lowongan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja Anda. Silakan pilih, Saya memiliki pengalaman kerja atau Saya seorang mahasiwa / baru lulus. Kemudian mengisi data sesuai dengan pilihan Anda lalu klik tombol Selanjutnya

3.  Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi form pendidikan terakhir atau kualifikasi tertinggimu, lalu pilih Selanjutnya. 

4.  Pada form selanjutnya Anda diminta untuk memasukan pengalaman kerja,silakan disi jika Anda mempunyai pengalam kerja, untuk pelamar yang tidak memliki pengalaman kerja atau Fresh Graduates silakan lewati.

5.  Selanjutnya Jika anda mendaftar ke Jobstreet menggunakan email, anda akan diminta untuk melakukan verifikasi email yang anda daftarkan pada saat proses registrasi (pastikan Email yang anda daftarkan dapat diakses/dibuka), jika anda mendaftar melalui facebook hal ini tidak perlu dilakukan.

6.  Setelah berhasil verifikasi akun silakan lengkapi semua data diri anda dengan klik MyJobStreet lalu pilih Ubah Profil  disana terdapat beberapa form yang harus diisi lengkap Seperti Upload Photo, Pengalaman, Keterampilan, Bahasa, Info lain(Gaji yang diharapkan dan sebagainya), Profil Saya, dan Unggah Resume. Nah, disini website Jobstreet meminta Anda untuk mengunggah file resume, jika Anda belum tauh apa itu resume dan contoh dari Resume silakan baca pada artikel saya sebelumnya mengenai Contoh Resume untuk Fresh Graduates. Mengunggah resume pada situ Jobstreet dapat menggunakan format file Word (.doc atau docx), Text (.txt), Rich Text (.rtf) atau PDF (.pdf). saya menyarankan untuk membuat Resume dalam format .pdf karena akan terlihat lebih rapi dan professional dengan maximal ukuran file adalah 1Mb.

7.  Setelah anda melengkapi semua data yang diperlukan dan telah mengunggah Resume sesuai format dan kriteria yang ditentukan, Anda dapat langsung mencari lowongan kerja yang diinginkan dengan klik tombol Cari lowongan/ Search jobs. Setelah itu akan muncul form Pilih Kriteria. Anda disarankan untuk menentukan kriteria lowongan kerja yang ingin dicari, seperti Nama perusahaan, Lokasi, Spesialisasi, dan Gaji minimum.

8.  Setelah muncul daftar list lowongan pekerjaan berdasarkan kriteria yang anda cari. Klik pada Posisi yang dilamar untuk melihat detail dari lamaran tersebut.

9. Setelah itu akan muncul tampilan Deskripsi Pekerjaan, Kualifikasi Pelamar, Kisaran gaji, dan informasi tentang Perusahaan tersebut. Pada situs Jobstreet Anda juga dapat melihat siapa saja yang telah melamar di perusahaan tersebut. Jika anda memenuhi dari pada kriteria yang dibutuhkan, silakan melamar dengan klik tombol Apply/Lamar Sekarang yang berada di bawah post.

10. Setelah anda klik tombol Apply akan keluar Pop-up form seperti gambar dibawah ini dengan title "Make your Pitch (Recommended)". Contoh penulisan Pitch dapat anda simak pada artikel saya sebelumnya Contoh Pitch untuk Melamar Pekerjaan di Jobstreet.
11. Setelah semuanya terisi silakan kirim lamaran Anda dengan klik tombol Kirim Lamaran/Submit Application, sekarang Anda tinggal menunggu jika adanya panggilan untuk wawancara, informasinya dapat dilihat di MyJobstreet ⇀ Undangan Wawancara.


Melamar Pekerjaan melalui Jobstreet atau website penyedia informasi lowongan kerja lainnya memang sangat mudah selain gratis kita juga tidak perlu repot untuk mengantarkan langsung surat lamaran ke Perusahaan tersebut, cukup kita apply melalui media internet atau online. Namun, adanya fasilitas tersebut sebaiknya digunakan secara bijak dan hendaklah berpikir panjang terlebih dahulu sebelum meng- apply lamaran kerja Anda.

Sekian Artikel ini tentang Cara Melamar Pekerjaan di Jobstreet Terlengkap, semoga dapat membantu Anda yang ingin mencari pekerjaan di situs online lowongan pekerjaan Jobstreet.

7 comments for "Cara Melamar Pekerjaan di Jobstreet"