Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja yang Menjebak



Sering kali saat proses Interview Kerja HRD menayakan peratanyaan-pertanyaan yang membingungkan, harus hati-hati jangan sampai kita salah menjawab, karena biasanya pertanyaan yang dilontarkan itu bertujuan menjebak utuk mengetahui karakter dari diri kita sebenarnya. Berikut tipsnya.

1. Gambarkan Diri Anda
Apa yang ada di pikiran Anda jika HRD bertanya tentang diri anda sendiri? Apakah gambaran positif atau negatif? Hati-hati, pertanyaan ini menjebak bertujuan untuk mengetahui karakter diri Anda. Karakter seorang pekerja merupakan aspek penting bagi perusahaan. Calon pekerja yang memiliki karakter kuat tentunya akan menarik perhatian HRD. Terutama jika karakter tersebut sesuai dengan nilai-nilai dan poin dari kriteria yang dibutuhkan perusahaan.

2. Apa yang Anda ketahui Tentang Perusahaan Ini? 
Pertanyaan ini cukup penting, karena seorang pelamar wajib mengetahui tempat atau perusahaan yang dia tuju. Sehingga biasanya pertanyaan ini muncul untuk mengetahui tingkat pengenalan calon karyawan terhadap visi dan misi perusahaan. sebelum anda melakukan interview sebaiknya anda mencari tauh dahulu informasi mengenai perusahaan tersebut.

3. Mengapa Tertarik Bergabung? 
Sebagian orang kebanyakan menjawab mencari suasana kerja yang lebih nyaman dan penghasilan yang lebih tinggi. Jangan terkecoh! Pertanyaan ini merupakan usaha untuk mencari motivasi anda yang sesungguhnya. Setiap perusahaan lebih menginginkan pekerja yang loyal. Oleh sebab itu pastikan jawaban yang diberikan bukan jawaban yang meremehkan perusahaan anda bekerja sebelumnya

Sebaiknya jawab pertanyaan ini dengan alasan-alasan positif. Misalnya karena ingin berkontribusi lebih dalam menyalurkan bakat. Pastikan bahwa alasan bergabung lebih karena motivasi yang membangun sepeti jenjang karir, benefit dan sebagainya.

4. Prestasi Apa yang Telah Diraih Dalam Karier?
Cukup wajar bahwa setiap perusahaan menginginkan calon karyawan yang terbaik. Oleh sebab itu perusahaan biasanya ingin mengetahui pencapaian di masa-masa sebelumnya. Sehingga perusahaan dapat mengetahui tingkat keberhasilan jika perusahaan akan memperkerjakan anda.

Untuk menjawab pertanyaan ini, jelaskan dengan baik setiap pekerjaan yang telah diselesaikan di perusahaan sebelumnya. Berikan contoh keberhasilan yang telah diraih sebelumnya. 

5. Jelaskan Rencana Anda ke Depan!
Maksud dari pertanyaan ini untuk mengetahui berapa lama anda akan bertahan diperusahaan tersebut jika anda diterima. 

Untuk menjawab pertanyaan ini, jelaskan tujuan jangka panjang dan Pastikan bahwa Anda melibatkan perusahaan yang dilamar sebagai bagian dari rencana anda kedepan. Jawablah dengan bijak dan pikirkan dengan matang. Jangan sampai menjawab seadanya.

6. Berikan Gambaran Tentang Pekerjaan yang Dilamar!
Sangat penting untuk mengetahui posisi yang dilamar. Karena hal tersebut berkaitan dengan tugas di perusahaan tersebut di kemudian hari. Perusahaan pasti enggan mempekerjakan orang yang tidak mengerti apapun tentang tugas-tugasnya. Karena hal tersebut berarti butuh waktu lebih lama untuk membuat pekerja baru beradaptasi dengan lingkungan perusahaan.

7. Terlalu Berpengalaman!
Jangan terkecoh oleh pertanyaan ini. Umumnya pertanyaan ini diajukan untuk menguji karakter Anda. Oleh sebab itu, pastikan menjawab dengan bijaksana. Tetap rendah hati dan utarakan terima kasih atas pujian tersebut. Jangan sampai watak asli seperti sombong dan cepat puas terlihat dengan jelas. Biasanya perusahaan enggan mempekerjakan pegawai yang sombong. Karena karakter tersebut dapat menyusahkan untuk bekerjasama dengan pegawai-pegawai yang lainnya.

8. Mengapa Resign dari perusahaan sebelumnya ? 
Ini adalah salah satu pertanyaan penting. Karena dari jawaban perusahaan dapat menilai karakter dan orientasi Anda. Oleh sebab itu hindari menyebutkan masalah pribadi sebagai alasan. Pastikan alasan karena sesuatu hal yang profesional. Pastikan juga bukan oleh karena konflik. Fokuslah pada jawaban bahwa ingin mencari posisi yang lebih baik untuk berkembang sesuai minat dan bakat.

Sumber Foto Freepik

Post a Comment for "8 Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja yang Menjebak"