Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tips Ampuh Membangun Rasa Percaya Diri




Kepercayaan diri itu sangat bisa dilatih, harus tetap fokus dan terus berusaha, berikut tips membangun Percaya Diri.

1. Auto Sugesti (Auto Suggestion) 
Yang pertama Anda harus sering melakukan yang namanya AUTO SUGESTI atau auto suggestion. Orang-orang bisa mengartikannya dengan kata afirmasi, itu juga sama saja. 
Yaitu : SAYA CINTA DENGAN DIRI SAYA, SAYA SANGAT BAHAGIA DAN SAYA PASTI BISA! 
Kenapa kata-kata tersebut harus anda ulangi setiap saat? Karena kata-kata itu mempunyai kekuatan. Kata-kata itu mengandung doa. Kata-kata tersebut bisa mencerminkan siapa diri anda kelak. Coba kalau anda selalu berkata-kata yang negatif. Itu seperti anda meminta doa yang buruk untuk hidup anda. 
Oleh sebab itu, auto suggestion ini sangat penting. Kalau misalkan anda minder, saya punya satu kalimat kunci mutakhir dalam 3 kata. Yaitu “SAYA PASTI BISA!”. Kalau anda takut, anda cemas atau khawatir, katakan 3 kata ajaib ini : “SAYA PASTI BISA!”. Ini adalah sebuah kalimat yang mempunyai kekuatan yang luar biasa. 
Jadi kalau misalkan anda mau ke rumah klien dan anda merasa minder. Katakan : “SAYA PASTI BISA!” Misalkan anda mau menembak seseorang dan datang ke rumahnya, anda mau menyatakan cinta tetapi tidak berani. Katakan : “SAYA PASTI BISA!” 
Kalau misalkan anda hari ini mau mengikuti pertandingan, tapi anda takut melihat lawan anda. Katakan : “SAYA PASTI BISA!”. Kalimat ini bisa anda gunakan dalam hal apapun. Contohnya, anda mau mengikuti Ujian Nasional namun anda khawatir tidak lulus. Katakan : “SAYA PASTI BISA!”. Seketika kekhawatiran dan kecemasan anda akan hilang. Kekuatan itu sungguh luar biasa. Itulah tips yang pertama. 

2. Melatih dari hal yang kecil 
Tips yang kedua adalah MELATIH DARI HAL YANG KECIL. Apa maksudnya? Jadi begini, omzet 100 juta Rupiah, itu dimulai dari 100 ribu pertama. Anda bisa mendapatkan omzet 100 juta Rupiah, itu pasti dimulai dari jumlah yang kecil dahulu. Karena pikiran bawah sadar anda ini perlu dilatih. Pikiran anda perlu diperkenalkan. 
Kalau anda tidak pernah bekerja di marketing, anda pasti perlu melatih diri anda. Contohnya, kalau anda mungkin ingin closing 10 juta Rupiah, maka anda perlu closing 100 ribu rupiah dahulu. Ketika anda mampu menjual barang dengan omzet 100 ribu Rupiah, akhirnya pikiran bawah sadar anda dilatih. Semakin lama dari keuntungan 100 ribu yang terus menerus, maka akhirnya pikiran bawah sadar anda mengatakan bahwa ‘menjual untuk mendapatkan 100 ribu itu adalah hal mudah’. 
Akhirnya, anda mulai melatih diri anda mendapatkan omzet 200 ribu terus menerus dan terasa mudah. Tidak mungkin hari ini anda mendapatkan omzet langsung 10 juta. Anda bisa shock. Pikiran bawah sadar anda menolak. Tetapi, keuntungan 100 juta itu dimulai dari 100 ribu dahulu. Akhirnya, anda bisa menjual barang yang bernilai 1 Milyar. Contohnya mungkin properti. Tetapi pikiran bawah sadar anda harus dilatih. Dimulai dari hal yang kecil. 
Jadi, anda jangan terburu-buru tidak percaya diri. “Saya tidak bisa menjual barang yang mahal..”. Bukan seperti itu. Tetapi anda harus memulai dari hal yang kecil dahulu. Maka semakin lama pikiran bawah sadar anda akan terbiasa. Sama seperti ketika anda mengemudi mobil. Awalnya anda tidak percaya diri. Tapi lama-kelamaan, anda pasti bisa. Karena apa? Anda memulai dari jarak pendek terlebih dahulu. Mungkin jarak 300 meter dulu, besoknya ditambah lagi 800 m. Lama-lama, 5km dan akhirnya anda bisa ke luar kota. Sama juga dengan push-up. Push -up 100 kali? Anda tidak percaya diri. Anda bisa mulai berlatih dari push-up 10 kali dulu, tapi konsisten. Dimulai dari hal yang kecil. Itulah pesan saya untuk anda. 

3. Pengulangan 
Tips saya yang ketiga adalah yang paling penting dan yang paling sulit. Yaitu apa? PENGULANGAN. Tolong diulangi. Karena cara pikiran bawah sadar itu jika anda ingin mengubah pola lama dengan yang baru tidak bisa jika anda tidak melakukannya dengan KONSISTEN. Anda harus mengulang setiap hari. Maka akhirnya akan membentuk suatu pola. Jika polanya sudah terbentuk, niscaya pikiran bawah sadar anda sudah merekam dan anda akan terbiasa melakukan hal tersebut tanpa merasa terbebani. 
Contohnya, Jika anda ingin bangun tidur lebih pagi. Misalkan anda terbiasa bangun tidur jam 9 pagi dan hari ini anda ingin mengubah pola tidur anda menjadi bangun jam 5 pagi. Mungkin di hari pertama anda akan merasakan pusing, capek dan lelah. Tetapi saya percaya, 1 sampai 2 minggu berikutnya, anda akan terbiasa. Bahkan anda tidak bisa bangun jam 9 pagi. Karena apa? Anda sudah terlatih, karena sifatnya pengulangan. alam bawah sadar kita sudah merekam hal tersebut untuk kita selalu bangun jam 5 pagi dan harus di bantu dengan tidur yang lebih awal. 

Mungkin itu saja Tips yang bisa saya bagikan, Semoga bermanfaat.


Sumber Foto PxHere

Post a Comment for "3 Tips Ampuh Membangun Rasa Percaya Diri"