Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Pemasaran dan Penjualan yang sukses dalam Dunia Pekerjaan Sales dan Marketing




Dunia Marketing atau sales adalah suatu profesi pekerjaan yang akan mendapatkan penghasilan yang besar jika kita dapat menjual banyak produk yang kita pasarkan, terlebih lagi produk yang kita jual milik kita sendiri. simak artikel saya dibawah ini tentang 7 Tips Pemasaran dan Penjualan yang sukses dalam Dunia Pekerjaan Sales dan Marketing.

1. Penuh Keyakinan dan Percaya.
Yakinlah bahwa Anda mampu menjual produk yang Anda miliki. Yakinlah Anda mempunyai penawaran yang baik. Pelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Semakin Anda memahami produk yang Anda jual, Anda akan semakin yakin dan percaya dalam melakukan penawaran. Bila Anda benar-benar yakin akan produk Anda, biasanya orang akan terpengaruh dan menjadi ikut yakin akan kualitas produk yang akan Anda jual .

2. Tawarkan Produk Anda ke lebih banyak orang 
Semakin sering dan banyak Anda menawarkan produk Anda maka semakin besar pula peluang Anda menjual lebih banyak barang. Karena itu Anda harus dapat bertemu dengan lebih banyak orang. Rajinlah untuk mencari prospekm, Banyak cara yang dapat Anda lakukan, seperti mengikuti komunitas atau grup yang berhubungan dengan produk yang anda jual, baik melalui media online ataupun offline.

3. Kenali Siapa yang menjadi Prospek Anda.
Kenali orang-orang yang akan Anda tawarkan produk tersebut. Anda dapat melakukan penjualan dengan lebih efektif jika Anda mengenali siapa prospek Anda. Temukan masalah yang mereka alami, dan jadikanlah produk Anda sebagai solusi dari masalah mereka.

4. Jadilah Sahabat
Saat anda menawarkan suatu produk, jangan pernah menganggap diri Anda sebagai seorang sales atau marketing yang hanya mencari keuntungan dalam penjualan produk atau barnag. Berusahalah memposisikan diri Anda sebagai seorang sahabat. Dengan begitu Anda dapat menjadi lebih akrab dengan calon pembeli. Anda dapat lebih baik lagi dalam memahami persoalan yang sedang dihadapi prospek. Dan kemudian Anda dapat benar-benar memberikan solusi dan bantuan kepada prospek Anda melalui produk-produk yang Anda miliki.

5. Antisipasi Penolakan 
Penolakan saat sedang melakukan penawaran merupakan hal yang biasa dalam dunia sales dan marketing. Seorang Marketing yang sukses tentu juga sering mengalami puluhan bahkan ratusan kali penolakan. Pelajari penyebab mengapa produk Anda ditolak, dan siapkanlah jawaban atas penolakan yang terjadi. Bukan berarti Anda harus mendesak dan memaksakan setiap Prospek harus membeli produk Anda, namun jawaban yang Anda berikan haruslah lebih mengarah kepada solusi dan permasalah dari sebab-sebab yang membuat terjadinya penolakan tersebut.

6. Tetaplah Tersenyum
Apapun yang telah terjadi, baik saat Anda ditolak maupun berhasil melakukan penjualan, tetaplah tersenyum. Tersenyumlah dengan ikhlas. Walaupun mungkin hati Anda kecewa karena gagal menjual produk Anda, tapi Anda harus tetap menjaga hubungan baik dengan prospek Anda tersebut. Karena bukan hal yang tidak mungkin jika suatu saat mereka yang menolak akan menjadi pelanggan setia Anda.

7. Lakukan Sekarang dan terus berusaha
Anda harus memulai dan melakukan Penjualan produk Anda pada saat ini juga. Jika masih belum berhasil menjual satu barangpun, tetaplah berusaha. Terus lakukan sampai mendapatkan target yang Anda ingnkan, tentunya dengan terus memperbaiki dan meningkatkan cara-cara Anda menawarkan produk Anda tersebut.

Itulah beberapa tips yang mungkin dapat Anda pelajari dalam pemasaran dan penjualan suatu produk.

3 comments for "7 Tips Pemasaran dan Penjualan yang sukses dalam Dunia Pekerjaan Sales dan Marketing"