Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Pertanyaan Umum saat Interview Kerja yang wajib Anda Kuasai


Sangat penting mempersiapkan diri untuk merespon secara efektif terhadap pertanyaan yang diberikan pada saat Interview kerja, HRD biasanya akan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sangat umum yang biasa di pakai untuk penerimaan calon pegawai baru di perusahaan nasional maupun swasta. 

Pelajarilah beberapa contoh pertanyaan Interview kerja dibawah ini dan Persiapkanlah jawaban yang baik dan tepat. Berkemungkinan besar pertanyaan yang dilontarkan akan sama seperti contoh yang saya berikan: 

1. Ceritakan tentang diri Anda 
Pertanyaan ini pasti selalu ditanyakan pada awal wawancara kerja, Pertanyaan ini dilakukan bertujuan untuk mengenali informasi dan potensi yang ada pada diri kalian lebih dalam lagi, dalam waktu yang singkat.

Bagaimana memberikan penjelasan yang baik tentang diri Anda ? 

Pendekatan yang lebih rendah mungkin akan membantu Anda untuk mengembangkan hubungan pribadi dengan HRD. Coba memulai dengan berbagi beberapa kepentingan pribadi yang tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan Anda. Contohnya seperti hobi yang Anda sukai, kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari seperti Anda mengikuti organisasi Kepedulian terhadap hewan langkah atau Anda selalu meluangkan waktu setiap hari untuk berolahraga, agar HRD tahu bahwa Anda adalah orang yang memperhatikan kesehatan. 

Peran interaktif seperti menjadi relawan korban bencana alam, pemandu wisata museum atau pengumpulan dana akan membantu menunjukkan karakter Anda bahwa orang yang Aktif dan mampu bersosialisasi. Setelah berbagi beberapa aspek pribadi yang menarik barulah Anda menceritakan keterampilan profesional dan pengalaman kerja Anda. 

2. Apa kekuatan terbesar Anda 
Ini adalah salah satu pertanyaan yang hampir selalu ada dalam list pertanyaan wawancara kerja. Ketika Anda ditanya tentang kekuatan terbesar Anda, penting untuk membahas kualifikasi yang akan memenuhi syarat Anda untuk pekerjaan tertentu dan membedakan Anda dengan kandidat lainnya. 

Bagaimana seharusnya Anda menjawab pertanyaan tentang kekuatan yang Anda miliki ? 

Cara terbaik untuk menanggapinya adalah untuk menggambarkan keterampilan dan pengalaman yang Anda miliki yang secara langsung berkorelasi dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Berikanlah jawaban dengan membuat daftar kualifikasi yang disebutkan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut. Daftar ini dapat mencakup pendidikan atau pelatihan, soft skill, hard skill, atau pengalaman kerja. Semakin Anda mencakupi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, semakin besar pula kemungkinan Anda akan diterima kerja. 

3. Apa kelemahan terbesar Anda 
Pertanyaan lain yang sering HRD tanyakan adalah tentang kelemahan yang ada pada diri Anda. Berikanlah jawaban serta upaya yang telah Anda lakukan untuk menutupi kelemahan tersebut. 

Bagaimana anda menyampaikan tentang kelemahan pada diri Anda ? 

Meskipun pertanyaannya adalah tentang kelemahan yang Anda miliki, namun jawaban Anda harus selalu memberikan aspek positif dari keterampilan dan kemampuan Anda. Silakan jelaskan kelemahan yang ada pada diri Anda, namun harus disertai upaya yang telah Anda lakukan untuk menutupi kelemahan tersebut. Misalnya, Anda sulit bangun pagi dan upaya yang telah Anda lakukan adalah tidur lebih cepat, mengurangi kegiatan bepergian pada malam hari, itu hanya sebagian contoh kecil dan Anda harus segera menyiapkan jawaban yang tepat dan jangan sampai memberikan penilaian buruk terhadap Anda. 

4. Mengapa perusahaan harus memperkejakan Anda 
Pertanyaan selanjutnya ialah mengapa perusahaan tersebut harus mempekerjakan Anda, apa yang jadi kelebihan Anda dibandingkan pelamar lainnya. 

Bagaimana Menjawab Pertanyaan Wawancara Tentang Mengapa Perusahaan harus merekrut Anda ? 

Cara terbaik untuk menanggapinya adalah untuk memberikan contoh konkret tentang kemampuan dan prestasi yang Anda miliki serta membuat Anda menjadi kandidat terbaik untuk posisi pekerjaan itu. Pahami sebelumnya deskripsi pekerjaan yang diminta oleh perusahaan tersebut dengan kemampuan Anda, serta menyebutkan apa yang telah Anda capai di posisi lainnya. Berilah penjelasan yang baik dan mengulangi minat Anda pada perusahaan dan posisi tersebut. 

Buatlah daftar persyaratan yang harus dimiliki oleh pelamar untuk posisi pekerjaan itu, termasuk kepribadian, Kemampuan, dan kualifikasi. Kemudian, buatlah daftar kualitas yang Anda miliki yang sesuai dengan persyaratan ini, lalu mulailah dengan menjelaskan apa Keunikan Anda terhadap pelamar lainnya, Oleh karena itu, fokus pada satu atau dua kualitas yang Anda miliki yang mungkin unik, atau lebih sulit untuk menemukannya pada pelamar lainnya. Misalnya, jika Anda sangat berpengalaman dengan keterampilan dan bidang tertentu yang perusahaan tersebut butuhkan, Ini adalah kesempatan Anda untuk memberitahu HRD mengapa Anda akan menjadi seorang karyawan yang akan memberikan kelangsungan kemajuan bagi perusahaan tersebut. 

5. Berapa gaji yang kamu harapkan 
Apa yang akan Anda sampaikan tentang hal gaji? Sepertinya pertanyaan tersebut sederhana, tetapi dengan jawaban Anda yang kurang tepat dapat membuat anda gagal untuk masuk ke tahap seleksi berikutnya. Jadi berhati-hatilah dalam menjawabnya. 

Apa yang sebaiknya Anda sampaikan ketika HRD menanyakan tentang gaji yang Anda harapkan ? 

Apakah Anda telah memiliki jawaban tentang perihal Gaji yang Anda harapkan? Sulit mungkin untuk menjawab pertanyaan itu apalagi bagi Anda yang belum memiliki pengalaman kerja atau Fresh Graduates. namun Anda dapat mencari tahu mengenai standar gaji pada posisi tersebut, jangan langsung menetapkan, tapi carilah referensi terlebih dahulu, karena jenis perusahaan dan besarnya perusahaan akan menentukan besarnya gaji Anda. 

Sesuaikan dengan keadaan Jika anda melamar atau mendapat panggilan dari beberapa situs pencari kerja, biasanya perusahaan tersebut telah melampirkan kisaran gaji yang akan diberikan, jadi Anda bisa menyesuaikan permintaan gaji Anda dan lakukan dengan percaya diri, Jika Anda merasa telah berpengalaman, dan menguasai betul pada posisi yang Anda lamar dan Anda berencana menetapkan angka kisaran gaji yang tinggi silakan saja namun dengan catatan Anda memang pantas untuk mendapatkan itu. 


Sumber Foto Unsplash

Post a Comment for "5 Pertanyaan Umum saat Interview Kerja yang wajib Anda Kuasai"