Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Strategi yang wajib anda kuasai untuk Wawancara Kerja



Job Interview atau yang lebih dikenal wawancara kerja adalah suatu bagian proses seleksi penerimaan pegawai baru yang melibatkan percakapan antara pelamar dan HRD atau Pimpinan dari Perusahaan untuk melihat potensi yang ada pada diri pelamar, serta memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pengetahuan dan kemampuan yang dikuasai pada posisi yang dilamar, Hal ini dilakukan untuk menentukan apakah kandidat tersebut sesuai atau tidak dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

7 Strategi yang wajib diketahui untuk menghadapi wawancara kerja, diantaranya : 

1. Perhatikan Busana yang akan Anda gunakan 
Cara Anda berpakaian saat wawancara kerja, ada kalanya dapat memberitahu calon Atasan Anda apakah Anda termasuk ke dalam golongan orang yang serius dan berpotensional, atau tidak. Pergunakanlah busana yang baik, nyaman dan rapi untuk digunakan namun tetap terlihat profesional, Seperti menggunakan celana panjang yang memiliki dasar kain dan bewarna gelap, kemeja lengan panjang, ikat pinggang dengan kemeja yang dimasukan, dasi (boleh dipakai boleh tidak), dan kaus kaki dengan sepatu pantofel yang bewarna gelap atau mengikuti warna celana yng kita pakai. Hindari pemakaian Busana yang dinilai kurang sopan. 

2. Tampil dengan Percaya Diri 
Ketika melakukan proses wawancara kerja, awali berjabat tangan dengan pewawancara (interviewer), tatap mata interviewer, dan selalu bersikap sopan. Rasa percaya diri akan dengan mudahnya muncul ketika mengetahui dengan pasti apa yang Anda bicarakan. 

3. Persiapkan Pemahaman Posisi Kerja yang dilamar 
Sebelum Anda melakukan proses wawancara kerja, ada baiknya Anda mencari tahu dan memepelajari terkait posisi yang akan Anda lamar. Kemudian tunjukkan pengetahuan Anda terkait posisi yang di lamar selama wawancara kerja berlangsung. Dengan menujukkan Pemahaman tersebut, Pihak Perusahaan akan beranggapan bahwa Anda merupakan seseorang yang bermotivasi tinggi dengan semangat yang besar untuk bekerja di Perusahaan tersebut dan berkemungkinan besar Anda akan diterima jika mereka merasa yakin bahwa Anda benar-benar menguasai pada bidang posisi yang di lamar. 

4. Cari tahu tentang Perusahaan yang Anda lamar 
Sebelum proses wawancara kerja, ada baiknya Anda mencari tahu tentang perusahaan yang akan Anda lamar, kemudian tunjukkan pengetahuan tersebut selama wawancara kerja berlangsung. Ketika Pihak Perusahaan mengetahui Anda telah mencari tahu informasi tentang Perusahaan tersebut, maka tentunya yang menginterview Anda akan beranggapan bahwa Anda adalah seseorang yang cerdas dan memiliki semangat dan persiapan yang besar untuk bekerja di Perusahaan tersebut. 

5. Jawab setiap Pertanyaan yang diberikan 
Ada baiknya jika Anda menyiapkan jawaban sebelum proses wawancara berlangsung, Pertanyaan yang sering diberikan saat wawancara Kerja dapat anda pelajari pada artikel saya sebelumnya. Ketika anda mampu menjawab dengan tepat dan baik setiap pertanyaan yang terlontar dari pihak pewawancara, maka pihak pewawancara tidak akan lagi meragukan kemampuan, keterampilan, serta semangat anda untuk bekerja. 


6. Ajukan Pertanyaan 
Mengajukan pertanyaan pada saat Anda wawancara kerja bisa menjadi nilai tambah untuk penilaian Anda. Dengan mengajukan pertanyaan bisa menunjukkan seberapa besar minat Anda pada posisi atau perusahaan yang di lamar, apakah kamu benar ingin sukses dan berkembang bersama perusahaan tersebut, sekalipun saat itu Anda belum memiliki pengalaman kerja pada posisi yang diinginkan. Jangan pernah Anda merasa takut untuk mengajukan beberapa pertanyaan, Tentunya selama pertanyaan tersebut masih berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. Pertanyaan yang dapat anda ajukan pada saat wawancara kerja dapat dipelajari pada artikel saya sebelumnya. Pertanyaan yang Anda ajukan tentunya tidak akan membuat Anda terlihat bodoh, bahkan Anda akan terlihat seperti orang yang tidak takut untuk berinteraksi. 


7. Lakukan Tindak Lanjut 
Jika memungkinkan, Anda dapat mengirimkan ucapan terima kasih atau status lamaran Anda via telepon atau email. Katakanlah kepada pihak perusahaan bagaimana Anda memiliki ketertarikan yang besar untuk dapat bergabung di perusahaan tersebut serta pada posisi yang Anda lamar. Hal tersebut merupakan bentuk tindak lanjut yang baik untuk dilakukan jika Anda benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut. 

Itulah beberapa Strategi yang dapat Anda pelajari. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dalam mengikuti wawancara kerja. 


Sumber Foto Unslplash

Post a Comment for "7 Strategi yang wajib anda kuasai untuk Wawancara Kerja"