Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

    Setiap orang pasti ingin memiliki pekerjaan yang tetap dan menjanjikan. namun ada kalanya dimana kita merasa jenuh pada pekerjaan tersebut yang disebabkan oleh sesuatu hal atau karena kebutuhan hidup Anda yang tidak terpenuhi, sehingga Anda memutuskan untuk mengundurkan diri. Hal lain yang melatarbelakangi seseorang ingin mengundurkan diri adalah ingin mendapatkan jabatan dan gaji yang lebih tinggi dari pekerjaan sebelumnya.

    Berikut point yang harus diperhatikan saat ingin membuat Surat pengunduran diri
Dalam penulisan surat pengunduran diri haruslah singkat dan jelas. tulislah secara langsung maksud dan tujuan Anda jangan bertele-tele, Gunakanlah kata-kata yang sopan dan lembut sehingga tidak menyinggung perasaan atasan Anda saat membacanya. 
Di dalam surat pengunduran diri yang dibuat harus terdapat ucapan terimakasih, pujian dan rasa bangga selama bekerja di perusahaan tersebut dan juga permohonan maaf Karena selama Anda bekerja disana pasti pernah melakukan kesalahan baik disengaja ataupun tidak disengaja. Permohonan maaf yang Anda tulis di dalam surat pengunduran diri ini dapat memberikan nilai postif di mata pimpinan perusahaan/HRD. Kesan negatif akibat Anda keluar dari perusahaan juga berkurang. 
Jelaskan alasan mengapa Anda ingin mengundurkan diri dari perusahaan tersebut, Sebaiknya jangan memberikan alasan yang terlalu jujur jika menurut Anda alasan tersebut dapat berefek negative bagi Anda. 

    Baiknya jika Anda memberikan kenang-kenangan untuk perusahaan dan pegawai pada perusahaan tersebut. sebagai tanda terimakasih telah dapat dipercaya bekerja di perusahaan itu. Namun untuk hal ini disesuaikan dengan keadaan anda. Berikut beberapa Contohnya yang dapat Anda jadikan referensi penulisannya. 

Example 1
Palembang, 17 Maret 2016 

Kepada Yth,
HRD .....................(nama perusahaa)
Jl. Pemuda Raya No 10 Palembang

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya:

Nama         : Andiny
Jabatan      : Staff Finance
No Ktp        : 71726123001001567

Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB), Saya bermaksud mengajukan pengunduran diri dari perusahaan............., dikarenakan sakit yang sedang saya derita cukup parah dan membutuhkan waktu istirah yang cukup lama. Surat pengunduran diri ini saya buat sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku di perusahaan ini. Saya berharap Bapak/Ibu dapat memahami keadaan saya dan memberikan hak-hak dengan ketentuan yang berlaku.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian dan dukungannya dari Bapak/Ibu pimpin saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

Andiny

Example 2
Palembang, 7 Januari 2016 

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. ...............................
Jl. S.Parman no 23
Malang

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya Bella Luki bermaksud ingin mengundurkan diri dari PT ..................... sebagai IT Support, dikarenakan hendak melanjutkan pendidikan dikota Palembang. Saya sangan mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama 2 tahun ini di perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Bila saya banyak melakukan kesalahan selama saya bekerja di PT.................. saya mohon maaf.
Demikian Surat Pengunduran Diri ini saya buat dengan keadaan sebenarnya.
Atas pengertian dan dukungannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Husnah

Itulah beberapa contoh dari surat pengunduran diri beserta tips yang harus diperhatikan dalam pembuatannya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam pembuatan Surat pengunduran diri. Selamat mencoba.


Sumber Foto Photopin

1 comment for "Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan"

  1. mantaff, semoga gak ada yang menconto gan heheh (positif thinking)

    ReplyDelete