Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengirim Surat Lamaran Kerja lewat Email

Electronic Mail atau biasa disingkat dengan email adalah salah satu layanan pengiriman surat elektronik melaui internet. Hampir semua pengguna internet memiliki email pribadinya sendiri. Baik untuk kebutuhan Melamar pekerjaan, Bisnis ataupun Media sosial seperti facebook, twitter, dll.

Sebelum saya  memulai tutorial ini, pastikan anda sudah memiliki akun email, banyak penyedia email gratis yang memberikan ruang penyimpanan yang besar seperti Gmail milik Google. Saya sendiri menggunakan akun Gmail karena manurut saya Gmail adalah penyedia email gratis terbaik dari seluruh penyedia email gratis yang ada di internet, dari segi keamanan data anda Gmail sendiri sangat memprioritaskan itu dan juga gmail cepat dan mudah di akses, sangat mudah dipahami oleh pemula.

Ok langusng kita mulai tahapan pertama.

1. Silakan login ke akun Gmail terlebih dahulu, masukan email dan password anda.

Halaman login Gmail
2.  Setalah anda berhasil login langsung klik TULIS/COMPOSE yang ada pada sisi kiri atas email dan akan mengeluarkan pop up Pesan Baru seperti pada table kanan bawah email, Penjelasannya sebagai berikut :
  • Kepada adalah email tujuan yang akan dikirim, ini bisa lebih dari 1. Tapi jangan banyak-banyak nanti dikiram spam.
  • Subjek adalah tema / topik isi email. Misal isi Email Anda adalah laporan harian maka subjeknya bisa “laporan harian tanggal 25 Maret 2016”.
  • CC adalah singkatan dari carbon copy, berarti isi email yang dikirim ke alamat CC itu sama dengan isi yang dikirim ke alamat utama. Di CC dapat mengetahui email itu ditujukan kepada siapa saja.CC biasanya digunakan untuk orang yang perlu tahu isi email Anda, misal Anda ingin membuat laporan ke atasan tertinggi. Maka Anda kirim email ke Atasan tertinggi Anda dengan me-CC atasan dibawahnya, supaya mereka tahu bahwa Anda sudah mengirim laporan.
  • BCC adalah singkatan dari Blind Carbon Copy, intinya sama dengan CC bedanya adalah yang di BCC tidak mengetahui kepada siapa saja email itu dikirim.
Menulis Pesan baru pada Gmail
3. Selanjutnya pada kolom Kepada/To tulis email tujuan atau email rekrutmen perusahaan yang membuka lowongan, lalu pada kolom Subjek/Subject isi posisi yang akan kita lamar atau dapat ditambahkan nama lengkap, fakultas/jurusan ataupun nama Universitas yang menurut Anda dapat menambah daya tarik HRD untuk membukanya, karena kebanyakan email lamaran kerja yang diterima oleh HRD jumlahnya ratusan bahkan ribuan, jadi pandailah mencuri perhatian dengan subjek yang kita buat, contoh :
IT Support
IT Support - Sofyan Deni
IT Support - S1 Ilmu Komputer
IT Support - Universitas Indonesia
4. Surat lamaran cukup di tuliskan pada kolom kosong dibawah agar HRD tidak perlu membuka/mengunduh lampiran jika hanya ingin melihat surat lamaran kerja Anda. File yang dilampirkan untuk melamar pekerjaan di scan terlebih dahulu dan disarankan untuk digabungkan dalam 1 file dalam format PDF, karena format .pdf tidak akan berubah tampilan jika dibuka pada program atau versi aplikasi PDF yang berbeda, maximal ukuran lampiran 1 - 2Mb lebih dari itu lampiran Anda kemungkinan tidak akan dilihat, karena internet pada perusahaan rata-rata memiliki kecepatan terbatas. lebih jelas lihat gambar dibawah ini

Menambahkan Lampiran
5. Jika kolom email penerima, subjek, isi pesan dan lampiran sudah terisi, silakan klik tombol Kirim/Sent. Selesai

Demikianlah artikel ini dibuat bertujuan agar dapat membantu Anda mengirim lamaran pekerjaan melalui Email, Simak juga artikel saya sebelumnya tentang Tips membuat surat lamaran kerja yang lolos seleksi HRD

3 comments for "Cara mengirim Surat Lamaran Kerja lewat Email"